PT. PELINDO II CABANG CIREBON MEMBUKA PELUANG USAHA BAGI PERUSAHAAN SWASTA

     PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Cirebon merupakan pintu gerbang kegiatan usaha bagi hinterland yang luas, yaitu Provinsi Jawa Barat dan sebagian Provinsi Jawa Tengah. Letak : 06 42/55.6" LS, 103 34/13,9" BT Luas Lahan : 51 Ha, Terletak di lintasan jalur jalan raya dan rel kereta api ke seluruh kota di Pulau Jawa merupakan keuntungan utama pelabuhan ini. Untuk mendukung kegiatan jasa pelayanan kepelabuhanan, Pelabuhan Cirebon dilengkapi dengan fasilitas penumpukan petikemas, terminal batubara, terminal aspal curah dan tangki penampungan minyak kelapa sawit.
     Berdasarkan Amanat Undang-undang Pelayanan nomor 17 tahun 2008 Pelabuhan dapat mengusahakan penyediaan dan/atau jasa kepelabuhanan dan jasa terkait dengan kepelabuhanan (kapal, barang, penumpukan dan kegiatan terkait lainnya) diantaranya :
1.  Pelayanan Kapal yaitu : Jasa Labuh, Jasa Pandu, Jasa Tunda, Jasa Tambat dan jasa Air Bersih
2.  Pelayanan Barang yaitu : Jasa Bongkar Muat, Jasa Dermaga dan Jasa Penumpukan.
3.  Pelayanan Rupa-rupa yaitu : Jasa Persewaan alat, penyediaan air bersih, penyediaan listrik dan lainnya.
     Manajemen PT. Pelindo II Cabang Cirebon selalu berupaya agar Pelabuhan Cirebon yang merupakan pintu gerbang ekonomi satu-satunya bagi Jawa Barat dapat menangani petikemas. Status Pelabuhan Cirebon sebagai Pelabuhan Samudera, Pelabuhan Internasional ataupun Pelabuhan Ekspor dan Impor sangat mendukung upaya pengembangan tersebut. Saat ini kapal dengan panjang 200 m dan draft -7 Mlws dapat bersandar di Pelabuhan Cirebon. Untuk mendukung rencana tersebut PT. Pelindo II Cabang Cirebon sudah dibangun Container Yard (CY) untuk penumpukan petikemas seluar 4000 M2 yang mampu menampung 300 Teu's (2 tier), jalan di wilayah Pelabuhan Cirebon untuk lalu lintas petikemas telah diperbaiki, juga dicadangkan lahan dan gudang untuk lapangan penumpukan petikemas serta CFS (container Freight Station) luas 10.700 M2, peralatan bongkar muat petikemas yang sudah ada berupa 2 unit mobile crane dengan kapasitas 25 ton dan 65 ton.
     PT. Pelindo II Cabang Cirebon membuka peluang usaha bagi perusahaan swasta untuk berpartisipasi melalui kerjasama. PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Cirebon adalah perusahaan penyedia jasa kepalabuhanan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas. Hal ini sejalan dengan upaya perusahaan untuk menaikan level of service dengan memberikan pelayanan yang melebihi keinginan pelanggan.
     Untuk menjamin kualitas layanan jasa, perusahaan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008 yang dikeluarkan oleh PT. Sucofindo, ISPS Code (International Ship and Port Security) juga telah diberlakukan di Pelabuhan Cirebon yang ditandai dengan pemberian sertifikat ISPS Code dari PT. Surveyor Indonesia sebagai bukti bahwa Pelabuhan Cirebon memenuhi persyaratan untuk disinggahi kapal-kapal international.